0 COMMENTS

Bunda Perlu Tahu, Berapa Takaran Asi Untuk Bayi

Memiliki buah hati adalah hal yang teramat membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri. Bayi yang baru lahir membutuhkan kasih sayang yang besar dari orang tuanya. Selain itu pembersihan asi juga merupakan hal yang sangat penting. Pada usia yang masih sangat muda, bayi membutuhkan nutrisi yang cukup dari asi yang diberikan ibu. Ibu perlu untuk memberikan takaran asi untuk bayi yang sesuai dengan usianya.

Bayi yang baru lahir membutuhkan takaran asi yang tidak banyak. Namun memang terkadang masih belum banyak orang yang mengetahui berapa sebenarnya takaran asi yang dibutuhkan oleh bayi. Jika bayi diberi asi eksklusif langsung dari payu daya memang penghitungan takaran bayi tidak terlalu bisa dihitung.

Namun bagi bayi yang terkadang harus minum dari dalam botol karena ibunya memiliki kesibukan seperti bekerja atau ada masalah pada puting payudara maka perlu sekali untuk mengetahui mengenai takaran asi untuk bayi. Disini kita akan membahas mengenai takaran asi yang sebaiknya diberikan kepada bayi sesuai dengan usianya.

Bayi berusia 1 hari

Bayi yang baru lahir atau masih berusia satu hari, takaran asi yang diberikan memang tidak terlalu banyak. Jumlah susu atau asi yang sebaiknya diberikan untuk bayi pada usia ini adalah sekitar 5-7ml atau jika ditakar dengan menggunakan sendok jumlahnya adalah sekitar 1 sendok makan saja. Asi sebaiknya diberikan setiap 2 jam sekali dengan takaran tersebut.takaran asi yang dibutuhkan untuk bayi usia 1 hari memang masih sangat sedikit karena lambungnya juga masih sangat kecil.

Bayi berusia 3 hari

Ketika bayi sudah berusia 3 hari maka takaran asinya juga akan bertambah. Jika awalnya hanya sekitar 7ml saja kini sudah mencapai 22-27ml dalam satu kali minum. Pemberian asi dalam satu hari bisa dilakukan sebanyak 8-14 kali. Pada usia ini lambung bayi sudah mulai berkembang dengan ukuran seperti buah kemiri atau ceri.

Bayi berusia 1 minggu

Pada usia 1 minggu susu atau asi yang dibutuhkan bayi juga akan semakin banyak. takaran asi untuk bayi pada usia ini adalah sekitar 400-600ml dalam satu hari. sedangkan untuk satu kaliminum takarannya adalah 45-60ml. bayi pada usia ini perlu diberikan asi sebanyak 9 hingga 12 kali dalam sehari. Kebutuhan asi pada usia ini juga semakin banyak karena bayi dalam masa growth spurt.

Bayi berusia 1 bulan

Ketika bayi sudah masuk usia 1 bulan maka kebutuhan asinya juga semakin banyak.dalam satu kali minum bayi bisa meminum asi sebanyak 80 hingga 150ml. bunda juga perlu untuk memberikan asi sekitar 10-13 kali dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan si kecil.

Bayi usia 6 bulan

pada usia 6 bulan kebutuhan bayi juga akan semakin besar. Dalam satu hari, bayi membutuhkan sekitar 720ml asi. Selain itu bayi juga sudah bisa diberi makanan pendamping ASI agar perkembangan dan pertumbuhannya semakin optimal.

Ketika sudah memasuki usia 1 tahun maka takaran asi untuk bayi akan menurun atau hanya sekitar 550 ml perhari. Hal ini dikarenakan bayi sudah mendapatkan makanan pendamping ASI sehingga takaran untuk ASInya juga sudah tidak terlalu banyak.

Apabila bunda ingin mendapatkan informasi yang lengkap mengenai hal ini maka bunda bisa membuka situs https://babyologist.com/blog/takaran-kebutuhan-asi-bayi-0-6-bulan-n3245. nantinya akan ada banyak informasi menarik mengenai kehamilan dan juga mengenai menyusui yang sangat bermanfaat.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *