0 COMMENTS

Obat Batuk Bayi 1 Bulan Paling Ampuh

Anak sakit adalah satu hal yang membuat sedih orang tua. Bagaimana tidak? Jika kebahagiaan seorang anak adalah kebahagiaan orang tua, maka sakit yang dirasakan anak, juga menjadi kesakitan untuk orang tua. Orang tua mana yang bisa merasa tenang jika melihat anaknya dalam keadaan sakit? Sebagai orang tua, tentu saja rasa cemas dan khawatir akan menghinggapi hati mereka jika anaknya sedang dalam keadaan sakit. Terlebih jika kondisi tersebut terjadi pada bayi yang baru berusia 1 bulan. Untuk ibu muda, hal ini tentu akan menjadi kepanikan tersendiri. Ada beberapa penyakit yang biasa diderita bayi berusia 1 bulan. Salah satu jenis penyakit yang kerap menyerang bayi berusia 1 bulan adalah penyakit batuk. Jika kalian ingin mengetahui tentang obat batuk bayi 1 bulan, maka tak ada salahnya jika kalian menyimak ulasan berikut!

 

Beberapa Jenis Batuk Bayi

Sebelum membahas mengenai obat batuk bayi 1 bulan, ada baiknya jika kalian mengetahui tentang jenis batuk pada bayi terlebih dahulu. Seperti yang kita ketahui, penyakit batuk terbagi dalam 2 jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Jenis batuk kering sangat jarang dialami oleh bayi, karena biasanya jenis batuk ini dialami oleh orang dewasa. Batuk kering sendiri biasanya akan terjadi karena adanya usaha untuk menghilangkan gangguan karena gatal atau iritasi pada tenggorokan dan saluran pernafasan. Atau secara mudahnya bisa diartikan jika penyebab batuk jenis ini adalah karena alergi. Oh iya, tahukah kalian jika bayi pada umumnya sangat rentan terhadap serangan penyakit batuk serta pilek? Ya, bayi bisa menderita batuk pilek hingga 8 kali dalam jangka waktu satu tahun. Akan tetapi, frekuensi tersebut bisa berubah tergantung bagaimana kekebalan tubuh bayi.

Sedangkan untuk batuk berdahak, biasanya penderita akan merasa sesak pada daerah dada yang teramat sangat. Hal ini dikarenakan batuk berdahak merupakan salah satu cara alami untuk mengeluarkan dahak dari organ paru-paru. Batuk berdahak sendiri disebabkan adanya infeksi yang dibawa oleh bakteri.

Selain dua jenis batuk di atas, ada juga jenis batuk croup. Jenis batuk satu ini bisa mengakibatkan sesak nafas. Hal ini dikarenakan laring dan saluran pernafasan ke paru-paru si penderita telah mengalami pembengkakan. Sehingga menimbulkan suara batuk seperti gonggongan. Biasanya saat bayi menderita batuk croup, akan disertai dengan munculnya beberapa gejala. Gejala tersebut seperti panas, keluarnya ingus, dan juga demam. Untuk jenis batu satu ini, biasanya akan dialami bayi yang berusia 6 bulan keatas.

 

Mengobati Batuk pada Bayi yang Aman

Saat ini ada begitu banyak jenis dan merk obat batuk yang beredar di pasaran, mulai dari obat yang diperuntukkan untuk bayi hingga orang dewasa.. Mulai dari obat batuk herbal sampai obat biasa. Mulai dari obat batuk kering hingga berdahak. Akan tetapi, jika sudah berhubungan dengan bayi, maka kalian tidak boleh sembarangan dalam memilih dan memberikan obat batuk.

Hal ini tentu saja karena kondisi tubuh bayi masih sangat rentan dan rapuh. Kondisi si kecil bisa saja fatal jika kalian sampai salah memberikan dosis pada obat batuknya. Untuk itu kalian harus berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu saat hendak memberikan obat batuk pada si kecil. Terlebih pada bayi yang masih berusia 1 tahun. Kalian harus selalu berhati-hati dalam mengobati sakitnya.

Oh iya, ada beberapa langkah mudah yang bisa kalian lakukan untuk meredakan pada bayi pada usia 1 bulan, antara lain:

   Menambah asupan cairan, bisa berupa ASI, air putih, sup atau jus hangat

   Memberikan ASI lebih sering dalam waktu singkat dan pantau kemampuan minumnya.

   Memberikan bayi waktu istirahat lebih banyak.

  Jangan langsung membaringkan bayi setelah menyusui

  Menggunakan uap panas, dimana kalian bisa memasukkan air hangat kedalam baskom, lalu posisikan tubuh si kecip tepat di samping baskomnya. Kalian juga bisa mengajaknya berendam di air hangat atau duduk bersama di ruangan beruap selama sekitar 15 menit. Jangan sampai uap yang kalian gunakan terlalu panas karena bisa menyebabkan luka bakar. Jika kalian menggunakan mesin penguap, kalian harus selalu menjaga kebersihannya agar mesin terhindar dari jamur atau lumut.

  Berikan tetes air garam. Kalian bisa mendapatkan larutan ini di apotek. Gunakan pipet untuk meneteskan larutan ini ke hidung atau telinga anak yang tersumbat. Hadapkan kepala anak ke arah atas sebelum memberikan 2-3 tetes pada setiap lubang hidung. Bersihkan hidung dengan cotton bud setelah didiamkan selama kurang lebih 30 detik.

  Tambahkan beberapa bantal atau selipkan beberapa gulung handuk di bawah kasur agar posisi kepala anak lebih tinggi. Lakukan ini jika anak sering gelisah dalam tidurnya.

  Jika batuknya tak kunjung reda setelah lima hari, batuknya semakin memburuk (bisa diperhatikan dari suaranya), temperaturnya mencapai 38 derajat Celcius, maka membawanya ke dokter adalah pilihan terbaik.

Jika kalian ingin mengetahui tentang ini lebih lanjut, kalian bisa membaca artikel di link berikut https://babyologist.com/blog/batuk-pada-bayi-umur-1-bulan-n5352.

Semoga sedikit uraian tentang obat batuk bayi 1 bulan ini bisa memberikan sedikit pencerahan untuk semuanya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *