0 COMMENTS

Penyebab Hamil 8 Bulan Perut Sering Mengeras

Memasuki trimester ke 3 memang ada banyak sekali keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil. Pada usia kehamilan 8 bulan biasanya ibu hamil juga sering kali merasakan perut menjadi terasa keras atau kencang. Anda yang baru menjalani proses kehamilan pertama perlu untuk mengetahui apa saja penyebab dari hamil 8 bulan perut sering mengeras. Dengan mengetahui penyebabnya maka anda akan dapat melakukan tindakan yang tepat dan tidak merasa bingung ketika keluhan seperti ini terjadi.

Penyebab perut kencang

Ada beberapa penyebab ibu hamil merasakan perut yang sering mengeras secara tidak teratur pada usia kehamilan 8 bulan. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

Kontraksi Braxton hicks

Penyebab pertama ibu mengalami perut keras atau kencang adalah terjadinya baxton hicks atau yang sering disebut sebagai kontraksi palsu. Pada usia kehamilan ini memang sangat rentan mengalami kontraksi palsu karena sudah masuk pada usia kehamilan tua.

Kontraksi yang terjadi memang mirip seperti kontraksi orang yang akan melahirkan hanya saja tidak teratur seperti ketika sudah siap melahirkan. Kencang-kencang pada perut bisa terjadi akibat dari salah posisi duduk dan tidur. Anda bisa mencoba untuk memperbaiki posisi duduk dan tidur anda untuk mengatasi masalah ini. dengan begitu posisi bayi dalam kandungan juga akan dalam posisi yang baik.

Letak plasenta rendah

Masalah seperti ini juga bisa disebabkan karena letak plasenta yang rendah. Abrasi plasenta memang sangat berdampak pada kondisi bayi sehingga ibu juga akan dapat merasakan keluhan perut kencang atau terasa keras. Apabila plasenta berada di bawah maka nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh bayi bisa bermasalah. Plasenta yang berada di bawah menyulitkan penyerapan nutrisi dan juga oksigen.

Sembelit

Masalah sembelit juga menjadi salah satu pemicu hamil 8 bln perut sering mengeras. Apabila bunda mengalami masalah sembelit sebaiknya segera untuk mencari solusi dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi agar bisa kembali normal. Pada usia kehamilan 8 bulan bayi dalam kandungan juga semakin besar sehingga menekan usus besar. Masalah yang sering muncul memang masalah sembelit. Anda sebaiknya menghindari makanan yang bisa menyebabkan masalah sembelit.

Gerakan bayi yang kuat

Pada usia kehamilan 8 bulan, bayi dalam kandungan juga akan memposisikan diri untuk masuk ke bagian panggul sebagai bentuk persiapan menuju ke fase persalinan. Pada masa ini bayi terkadang memiliki gerakan yang kuat dan juga aktif sehingga menjadikan perut anda terasa mengeras atau mengencang.

Berat badan ibu hamil naik

Berat badan ibu hamil sering kali meningkat bahkan hingga pulihan kilogram. Peningkatan berat badan ini juga sering kali membuat perut menjadi terasa kencang. Pada masa ini bumil biasanya lebih banyak makan karena merasa sering lapar. Hal ini memang wajar karena bumil bukan hanya memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sendiri namun ada janin yang juga membutuhkan banyak nutrisi.

Penyebab dari hamil 8 bln perut sering mengeras memang ada banyak. Sebenarnya perut terasa kencang dan mengeras pada usia kehamilan ini terkadang merupakan hal yang wajar dan tidak perlu ditakutkan. Namun apabila ternyata penyebabnya membahayakan janin, ibu harus segera untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai hal ini dan seputar kehamilan lainnya maka anda bisa membuka website https://babyologist.com/blog/mengapa-perut-terasa-kencang-saat-hamil-8-bulan-n6960. Mungkin itu saja yang bisa disampaikan terkait dengan hamil 8 bulan. Semoga bermanfaat.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *